Cara Menyeleksi Gambar Dengan Pen Tool dan Menggunakan Teknik Masking

Halo teman - teman 😁, apa kabar? Semoga baik - baik saja yaa.. Aamiin.
Kali ini saya ingin membagikan tips dan cara seleksi gambar menggunakan Pen Tool di Photoshop. Pen Tool sendiri adalah tool yg sangat digemari bagi para pengguna photoshop. Fungsinya adalah menyeleksi objek dan membuat shape. Shape sendiri biasanya digunakan saat membuat vector art.

Oke, langsung saja langkah yg pertama buka gambar yang ingin di seleksi, tekan CTRL + O untuk membuka gambar, atau bisa juga dengan cara klik FILE pada menu bar di bagian kiri atas, lalu pilih Open. Setelah muncul jendela baru seperti pada gambar, pilih gambar yg ingin anda seleksi, kemudian klik open.



Langkah kedua yaitu klik pada layer background di sebelah kanan, kemudian tekan CTRL + J untuk mengcopy layer. Tujuannya adalah jika terjadi hal yang tidak diinginkan dengan layer yg kita utak-atik, masih ada cadangan layer.



Kemudian, klik layer 1 pada menu layer, kemudian pilih Pen Tool di sebelah kiri, dan pastikan yang dipilih adalah Path bukan Shape karena kita akan menyeleksi objek bukan membuat shape.



Selanjutnya, mulai lakukan seleksi pada objek yg diinginkan, jika dirasa gambar tidak jelas atau kurang besar, bisa tekan ALT + Scroll kedepan (memperbesar) dan ALT + Scroll kebelakang (Memperkecil), atau bisa juga dengan CTRL + (+) uuntuk meperbesar dan CTRL + (-) untuk memperkecil.
Jika menemui kesulitan karena ujung ekor dari anchor point masih ada dan membuat lengkungan jadi sulit maka buat sudut di anchor point (menghapus salah satu ekor) dengan tekan ALT + Klik Kiri pada anchor point seperti pada gambar dibawah.


Hasil dari menghapus salah satu ekor untuk membuat sudut

Lakukan seleksi dengan hati - hati agar objek yang kita inginkan terpotong dengan baik. Kemudian, satukan titik - titik node ke titik awal anchor point agar menyambung seperti contoh gambar dibawah ini.


Langkah selanjutnya yaitu klik kanan pada objet yg terseleksi kemudian pilih Make Selection.


Selanutnya akan muncul jendela pop up. Pada Feather Radius pilih 0 atau bisa juga 1 lalu klik Ok.


Setelah objek terseleksi dan muncul garis patah - patah pada objek tersebut, klik icon mask pada menu bar sebelah kanan bawah. Pastikan layer yang terpilih adalah layer 1.


Lalu, hide layer background dengan cara mengklik pada icon disebelahnya. Maka akan muncul tampilan seperti ini.


Setelah tinggal hanya objek yang terseleksi yang muncul, klik icon Move pada menu di sebelah kiri atas. kemudian pilih File --> New untuk membuat dokumen baru lalu klik Ok.



Langkah selanjutnya, kita akan membuat warna background menggunakan solid color. Klik icon seperti pada gambar (terletak disebelah icon mask), kemudian pilih Solid Color. Dan akan muncul pop up warna, silahkan pilih sesuka hati teman - teman.



Kemudian, kembali ke tab dokumen objek kita tadi, pilih move tool, kemudian klik dan tahan pada objek, lalu geser objek ke arah tab baru yang kita buat tadi.



Daaaaan selesai teman - teman ^_^.
Jika dirasa pada objek masih ada garis putih - putih bekas seleksi, silahkan klik kanan pada layer mask objek yang kita pindah tadi, kemudian pilih Refine Mask.


Lalu akan muncul jendela pop up, silahkan atur pada menu yang saya tandai. Pada pengaturan biasa yang saya lakukan, saya hanya mengatur pada kolom Shift Edge. Silahkan geser Shift Edge ke kiri sedikit saja untuk mengurangi garis putihnya.



Jika ingin mengubah warna background tinggal klik layer wana solid color, lalu pilih wana yang diinginkan.


Oke teman - teman, itu saja cara menyeleksi objek menggunakan Pen Took dan cara menghilangkan background menggunakan tenik masking. Bila ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar. Dan pastikan melihat tutorial - tutorial yang lain di blog ini yaaa 😉
Terima Kasih ^_^

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon